koleksi ilmu-ilmu hikmah,kisah 2 tokoh sufi.teknologi tips n trik dll

Senin, Maret 11, 2013

jadab

Jadab adalah sebuah istilah bagi orang yang telah mencapai penyatuan dengan tuhannya. Orang itu kemudian lupa akan segala sesuatu di sekitarnya. Yang diingat hanyalah tuhannya. Biasanya jadab ini terjadi apabila seseorang melakukan praktek tirakat tertentu. Dan adapula yang siraman lansung dari Tuhan. Jadab ini juga termasuk tanda-tanda keWalian seseorang dan kedekatan seseorang di depan tuhannya. Tingkah laku orang jadab kemudian sama sekali terpisah dari hukum syariat. [Pen]
[2] Manunggaling kawula gusti ini merupakan konsep sufi yang mengacu kepada penyatuan seorang hamba dengan tuhannya. Konsep ini diperkenalkan oleh al-Hallaj seorang tokoh sufi dan di Indonesia diperkenalkan oleh syeh siti jenar.
[3] Lihat kamus al-Munawwir halaman 651, edisi II. Dalam kamus itu, arti salaf mengandung banyak arti. Namun hanya satu arti yang saya ambil yang sesuai dengan kontek tulisan ini yakni nenek moyang atau orang yang mendahului kita.
[4] Pengertian zuhud ini saya ambil dari ucapan salah seorang santri senior, KH. Afifuddin Muhajir dari Sukorejo Asembagus Situbondo pada pertemuan alumni pesantren sukorejo di Pesantren K.H. Salwa Arifin, Tangsel, Bondowoso.
[5] Pembedaan dua macam kesalehan ini sebetulnya kategori yang muncul dari KH. Afifuddin itu pula. Beliau sendiri mendengar dari perdebatan-perdebatan yang muncul di ruang-ruang diskusi. Karena banyak sekali yang dilakukan oleh LSM dalam menolong kaum lemah namun mereka tidak sholat. Inilah kemudian perdebatan itu memunculkan pembedaan kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Mana yang lebih baik? Jawabannya adalah harus sama-sama dilakukan. Karena islam mengajarkan keseimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

stroom09@gmail.com

KLINIK CENAYANG STROOM09

KLINIK CENAYANG STROOM09
KLINIK CENAYANG STROOM09

pengunjung

RENTAL MOBIL CIREBON

RENTAL MOBIL CIREBON
RENTAL MOBIL CIREBON,TAXI ONLINE CIREBON,SEWA MOBIL CIREBON MINAT HP/WA :089537731979

Total Tayangan Halaman