koleksi ilmu-ilmu hikmah,kisah 2 tokoh sufi.teknologi tips n trik dll

Kamis, Januari 24, 2013

cara buat generator sederhana


Sekarang energy listrik merupakan energi yang utama dalam kehidupan. Saya mencoba untuk membuat generator sendiri dengan membeli 8 buah magnet sangat kuat (jenis magnet Neodium) dengan harga perbijinya Rp. 40.000. sehingga membentuk 8 penjuru mata angin pada sebuag lempengan sebuah plat besi berbentuk bulat. kemudian saya membeli kawat email tembaga dengan ukuran 1,4 mm, saya membuat 8 buah lilitan kumparan dengan jumlah lilitan satu kumparannya mencapai 300 lilitan, sehingga tersusun rapi menjadi 1 magnet satu lilitan kawat kumparan. ketika rotor (yang terdiri dari 8 magnet yg telah tersusun rapi 8 penjuru mata angin) maka diputar dengan kecepatan tertentu hingga menghasil kan 210 Volt AC.

disini saya menggunakan motor listrik 100 watt untuk memutarkan lempengan besi yang telah di pasang magnet sehingga garis-garis gaya magnet memotong kumparan, sehingga dari ujung-ujung kumpran tersebut menghasilkan 210 Volt AC, untuk mendapatkan hasil yang stabil, keluaran output dari kumpran tersebut saya masukan ke stabilator Voltage. Maka didapatkan etagnga yang stabil 220 V AC.

Pertama setiap kumparan ujung-ujungnya di solder untuk mendapatkan tegangan yang besar sehingga dapat mencapai 210 Volt AC, Kedua jika kita menggunakan motor listrik dengan rotasi per minute (RPM) tinggi diatas 3000 Rpm juga akan menghasilkan listrik yang besar pula, ketiga untuk memperbesar beban atau daya yang dapat disailkan dari generator listrik kita juga harus memperhatikan diameter kawat email tembaga. untuk kawat email yang saya pakai diameternya sebesar 1.4 mm dapat digunakan untuk beban atau daya maksimum hingga 7 -8 amper. Jika kita klikan dengan tegangan yang diatas menghasilkan 1400 hingga 1600 watt. lumayan untuk listrik rumahan, tetapi jika dikenakan beban pengalaman saya hasil perhitungan tersebut akan menyusut hingga 20 % menjadi 1100 - 1200 watt.

dalam membuat rangka generator juga harus diperhatikan rancangan bagun yang baik sehingga ketika generator bekerja tidak mengalami getaran atau ketidak stabilan dari rangga yang dapat menyebabkan bunyi gesekan rangka dengan lantai menggangu jalannya generator tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

stroom09@gmail.com

KLINIK CENAYANG STROOM09

KLINIK CENAYANG STROOM09
KLINIK CENAYANG STROOM09

pengunjung

RENTAL MOBIL CIREBON

RENTAL MOBIL CIREBON
RENTAL MOBIL CIREBON,TAXI ONLINE CIREBON,SEWA MOBIL CIREBON MINAT HP/WA :089537731979

Total Tayangan Halaman