koleksi ilmu-ilmu hikmah,kisah 2 tokoh sufi.teknologi tips n trik dll

Senin, April 08, 2013

pick up komponen gitar listrik

pick up komponen gitar listrik

Pada Instrumen Musik khususnya gitar, Pick up gitar adalah transducer, yang menangkap getaran dawai untuk dikonversikan menjadi arus listrik. Kita mengenal tipe pick up humbucker dan single coil.

Single coil hanya memiliki satu kumparan magnet saja, sedangkan humbucker memiliki dua kumparan magnet. Keduanya tentu saja memiliki karakter suara yang jauh berbeda. Sebagai akibat dari dipakainya dua kumparan, suara humbucker lebih tebal, lebih keras volumenya, dan yang paling penting menghilangkan noise 60cycle.Gampangnya pick up harus minimal memiliki 2 kabel, untuk masing-masing memiliki kutub positif dan negatif dari kumparan tersebut. Walau banyak juga pick up ternama seperti DiMarzio, SeymourDuncan, yang memakai 4 kabel konduktor dan 1 ground (total 5 kabel), ini hanya sebatas variasi dari penggunaan Pick up itu saja, bukan berarti semakin banyak kabel semakin bagus.

Single Coil
Hanya memiliki 2 konduktor kabel saja., karena hanya menggunakan 1 kumparan. Selanjutnya salah satu kabel akan dijadikan kutub positif dan satunya lagi kutub negatif. Terserah anda mau yang mana jadi apa, tetapi perlu ditekankan keduanya menghasilkan suara yang berbeda. Dan pihak pabrik biasanya menyerahkan rekomendasi kabel mana yang sebaiknya positif dan negatif untuk menghasilkan sound yang maksimal.

Humbucker
Memiliki 2 kumparan dengan tujuan menghilangkan noise 60cycle. Ada humbucker yang memiliki 2 kabel, 3 kabel, 4 kabel, dan 5 kabel. Bervariasi tergantung dari pabriknya. Kita akan bahas humbucker dengan 4 konduktor dan 1 bare (5 kabel), karena ini yang umum dan banyak digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

stroom09@gmail.com

Total Tayangan Laman