koleksi ilmu-ilmu hikmah,kisah 2 tokoh sufi.teknologi tips n trik dll

Kamis, Mei 22, 2014

simbol filosofi sajian hidangan selamatan pengantin

Salam sejahtera kepada pengunjung BLOG STROOM09 kali ini saya akan memposting sedikit aneka hidangan selamatan pengantin.mungkin tiap daerah beda-beda.kali ini saya akan mengambil  yg umum di  daerah jawa. yuk kita simak saja ulasannya.
1.Nasi golong lulut
 yaitu sejenis nasi yang di kepal-kepal kemudian di bungkus dengan sebuah telur dadar dan jangan di beri alas. hal ini memiliki tujuan memohon bersatunya manusia antara denganTuhan.
2.Nasi wajar.
yaitu sejenis nasi putih yang berisi berbagai sayuran matang dan telur rebus
 nasi wajar di persembahkan dengan tujuan untuk memohon ketentraman
3.Nasi gebuli
dengan lauk telur rebus,ikan goreng,daging , bawang merah,yang di goreng utuh,serta kopi seduh,makanan tersebut di persembahkan untuk syeh abdul  qodir jaelani
4.tumpeng gundul
Sajen Tumpeng Gundhul
Sajen ini diwujudkan dalam tumpeng (nasi putih yang dibuat bentuk kerucut) tanpa dihiasi dengan ubarampe apapun. Jadi wujudnya putih polos. Tumpeng ini dikelilingi oleh tujuh jenang dalam tujuh wadah cekenthong. Masing-masing cekenthong berlainan, misalnya satu cekenthong berisi jenang putih saja, tempat kedua jenang merah saja, tempat ketiga jenang putih palang jenang abang, tempat keempat jenang putih diselingi sedikit jenang abang, tempat kelima jenang baro-baro (jenang putih diberi parutan kelapa dan irisan gula Jawa), tempat keenam jenang abang palang jenang putih, dan tempat ketujuh separo jenang abang dan separo jenang putih. Semuanya ditempatkan dalam sebuah tampah yang telah diberi alas daun pisang.
Makna dari sajen tumpeng gundhul ini adalah menyimbolkan bahwa bayi yang lahir ke dunia tadi masih dalam keadaan polos, bersih, dan suci lahir batin. Ia lahir ke dunia belum mempunyai apa-apa dan belum ada apa-apanya. Yang dimiliki hanyalah yang berupa jiwa dan raga yang melekat pada dirinya. Ketujuh jenang yang mengelilingi tumpeng bermakna bahwa pada saat kelahiran bayi, (dalam tradisi Jawa Kuno dahulu) bayi itu selalu disertai oleh tujuh saudaranya, yang berasal dari darahnya, kawahnya, kotorannya, ari-ari, dan lain-lain. Masih dalam tradisi Jawa Kuno juga, ketujuh saudaranya ini akan menyertai dalam kehidupannya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

stroom09@gmail.com

KLINIK CENAYANG STROOM09

KLINIK CENAYANG STROOM09
KLINIK CENAYANG STROOM09

pengunjung

RENTAL MOBIL CIREBON

RENTAL MOBIL CIREBON
RENTAL MOBIL CIREBON,TAXI ONLINE CIREBON,SEWA MOBIL CIREBON MINAT HP/WA :089537731979

Total Tayangan Halaman