Seiring berkembangnya zaman dan kebutuhan untuk memiliki kendaraan yang simple dan ringan . para mahasiswa dari tim Semar UGM mendesain kendaraan futuristik SEMAR.
CARA KERJA MESIN
Semar menggunakan mesin pemotong rumput 4 tak bersilinder tunggal 25 cc Modifikasi:
Modifikasi ini dilakukan dengan menaikkan rasio kompresi dari kondisi
standar 8,0 : 1 men adi 12,0 : 1, sehingga diharapkan efisiensi Termal
mesin meningkat karena nilai oktan bahan bakar relatif tinggi (95).
1. Penggantian sistem pemasukan bahan bakar dari karburator konvensional
menjadi sistem injeksi elektronik (electronic fuel injection.
2.Tim Semar menambahkan Smart E-Mode,sistem pengaturan jumlah bahan
bakar yang masuk sesuai dengan beban mesin. Parameternya diukur dari
sensor-sensor pada mesin dan mobil Semar guna mengefisienkan bahan
bakar.
3.Bentuk saluran masuk (in) dan pembuangan (exhaust) mesin
disempurnakan, sehingga percampuran udara dan bahan bakar dalam mesin
lebih optimal, serta aliran gas buang lebih lancar.
SPESIFIKASI TEKNIS SEMAR
MESIN :
SPESIFIKASI
Displacement : 25 cc
Siklus kerja : 4 langkah
Rasio kompresi : 12 : 1
Bahan bakar : SHELL Unleaded Gasoline
Konsumsi BBM: untuk saat ini 400 kilometer per liter,
target 1.100 kilometer per liter
Jumlah katup : 2 (1 inlet 1 exhaust)
Camshaft : SOHC
Pengapian : AC
Karburasi : Throttle body, injector, dan ECU Yamaha customized
Knalpot : Stainless steel customized dengan catalytic converter
Drive train : Dry clutch, sprocket customized dengan rantai BMX
bike heavy duty
Fitur : Smart E-Mode, 3 speed sequential gearbox
SPESIFIKASI RANGKA DAN BODI :
Rangka :Alumunium 6061
Bodi : Fiber composite
Roda :3 buah (2 depan, 1 belakang) ukuran 1,75 x 17 inci
PENGEREMAN :
- depan: double disc SHIMANO centerlock
- belakang: single disc SHIMANO six bolts
TIGA SPEED SEQUENTIAL GEARBOX :
Kendaraan Semar menggunakan internal gear yang terpasang pada sumbu roda
belakang, memiliki rasio 3 percepatan untuk menyesuaikan antara tingkat
kecepatan kendaraan dan putaran mesin. Dengan begitu, didapat efisiensi
mesin yang optimal pada setiap kecepatan.
Perpindahan gigi dapat dilakukan tanpa menurunkan putaran mesin,
sehingga proses perpindahan gigi dapat berlangsung dengan halus dan
nyaris tanpa jeda waktu, sehingga tenaga mesin dapat tersalurkan secara
optimal ke roda belakang
referensi: Koran tempo 30 maret 2010
koleksi ilmu hikmah, kisahsufi,tasawuf,fengshui,maulid,desain grafis,batu akik,batu obsidian, paypal pay,za,pendanaan,RENTAL MOBIL proyek,investor,funder,kredit kpr,pinjaman multi guna ,pialang,wali amanat,SEWA MOBIL CIREBONtaxi online cirebondan lain-lain
koleksi ilmu-ilmu hikmah,kisah 2 tokoh sufi.teknologi tips n trik dll
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
stroom09@gmail.com